Ada 3 kelompok Paduan Suara tingkat Paroki di Paroki St. Herkulanus, yaitu: (1) P.S. GITA BAKTI HERKULANUS yang berlatih rutin tiap minggu sore, (2) P.S. IUVENISH CHORUS yang beranggotakan para OMK Paroki Santo Herkulanus, (3) P.S. SERAFIM yang beranggotakan para Pengurus dan Karyawan Yayasan Yohanes Paulus Depok.

Selasa, 18 Agustus 2015

Ibadat Kremasi

Print Friendly and PDF

Jika ada orang yang menginginkan agar jenazahnya diperabukan, dapat diikuti upacara berikut. Setibanya di krematorium, peti jenazah langsung diletakkan pada tempat yang telah disediakan. Seturut dengan iman Katolik, abu jenazah tidak ditaburkan ke laut, tetapi diberikan pada suatu tempat tertentu.
RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka

Tanda Salib dan Salam
P. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Allah yang telah membangkitkan Yesus Kristus, PuteraNya dari alam maut, melimpahkan penghiburan dan kekuatan iman kepada kita sekalian.
U. Sekarang dan selama-lamanya

Pengantar
P. Bapak-ibu dan saudara-saudari yang terkasih dalam Tuhan. Sebelum berpisah dengan saudara kita ............. marilah kita mengucapkan selamat jalan kepadanya. Dengan doa-doa, kita hendak menghantar dan menyerahkan saudara kita ini, pulang ke rumah Bapa. Semua doa dan salam kita ini melambangkan cinta kepada saudara kita ini. Dan agar iman kita pun diteguhkan, seraya berharap bahwa kelak kita akan disatukan oleh Allah sendiri dalam Kerajaan Surga. Di sanalah Kristus akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya untuk menikmati perjamua abadi di Surga.

Doa Pembuka
P. Marilah berdoa, (hening sejenak).
Allah yang Maha Kuasa dan Maha rahim, kehidupan dan kematian kami berada di dalam tanganMu. Engkau telah memanggil …… dari kehidupan di dunia ini untuk menghadap hadiratMu. Kami bersedih atas meninggalnya saudara kami ini. Kami menyerahkan jenazahnya untuk diperabukan. Namun, kami tetap percaya bahwa Kristus yang telah mengalahkan kematian melalui sengsara dan wafat-Nya akan menganugerahkan pula kebangkitan dan kehidupan kekal bagi saudara kami ini. Maka, kasihanilah dia ya Tuhan, kasihanilah dia dan terimalah dia dalam pelukan cintaMu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U. Amin

PEWARTAAN SABDA
Bacaan Injil dapat dipilih yang sesuai, misalnya dari Yohanes 6:37-40
P. Tuhan beserta kita
U. Sekarang dan selama-lamanya
P. Inilah Injil Suci Yesus Kristus menurut Santo Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan
P. Pada waktu itu, Yesus bersabda, “Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang KepadaKu, barang siapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”
P. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus

UPACARA PERPISAHAN Pemimpin ibadat dapat memerciki peti jenazah dengan air suci.
P. Ketika dibaptis kita disatukan dengan Kristus dan turut mati bersama dengan Dia. Saudara kita ……… yang kita kasihi ini sekarang mati bersama dengan Kristus. Semoga ia hidup pula dalam keadaan baru seperti Kristus.
U. Amin

Bila dianggap perlu, pemimpin ibadat dapat mendupai peti jenazah.
P. Semoga doa-doa kita mengiringi saudara kita ini dalam perjalanannya menuju rumah Bapa
U. Amin

Sesuai dengan kebiasaan setempat, pemimpin ibadat dapat menaburkan bunga di atas peti jenazah.
P. Semoga kuntum hidup ilahi yang telah ditanamkan dalam diri saudara kita ………..… ini, akan mekar bagaikan bunga yang semerbak harum mewangi.

Kemudian, para hadirin dapat dipersilahkan untuk menaburkan bunga di atas peti jenazah. Sangat baik kalau diiringi dengan lagu-lagu yang sesuai atau didoakan Salam Maria berulang-ulang atau doa-doa yang sudah dihafal oleh umat.

Akhirnya, pemimpin ibadat membuat Tanda Salib di atas jenazah.
P. Saudara terkasih, masuklah dalam kehidupan abadi dengan membawa tanda kemenangan Kristus: Demi nama Bapa dan (+) Putera dan Roh Kudus
U. Amin

Doa Umat
P. Saudara-saudari sekalian yang terkasih, marilah kita berdoa kepada Allah, Bapa yang maharahim, bagi saudara kita …… yang kita kasihi ini, yang telah meninggal dalam persatuan dengan Tuhan. Semoga dosa-dosanya diampuni. Marilah kita memohon ………
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Semoga amal baktinya di dunia ini diterima dengan baik. Marilah kita mohon ………
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Semoga ia menikmati kehidupan kekal dalam kemuliaan Allah Bapa. Marilah kita mohon ……
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Marilah kita berdoa pula bagi semua orang yang berkabung atas kematian saudara kita …………... ini. Semoga kesepian mereka dipenuhi dengan cinta kasih Allah. Marilah kita mohon …..…
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Semoga mereka dihibur dalam kesusahan mereka. Dan semoga iman dan harapan mereka diperteguh. Marilah kita mohon …..…
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Semoga hati kita tidak tenggelam dalam urusan-urusan duniawi, tetapi selalu terbuka bagi segala rencana dan kehendak Tuhan. Marilah kita mohon ………
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

(dapat disambung dengan doa-doa spontan)
P. Allah yang kekal dan kuasa, Engkaulah Tuhan bagi orang hidup dan juga Tuhan bagi orang-orang mati. Kami mohon belas kasihanMu bagi saudara kami ……………… yang sudah mendahului kami dalam imannya. Ampunilah segala dosanya, agar ia bergembira atas diri-Mu dan tak henti-hentinya memuji dan memuliakan Engkau. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U. Amin

Bapa Kami
P. Marilah kita satukan semua doa permohonan dan kerinduan hati kita, dalam doa yang diajarkan Kristus sendiri:
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu, di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

P. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damaiMu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

Sambutan-sambutan (jika ada)

Doa Penutup
P. Allah Bapa kami, sekarang kami percayakan saudara kami ........ ini dalam kerahiman-Mu. Kami percaya bahwa semua yang telah meninggal dalam Kristus akan hidup pula bersama Kristus. Terimalah dia dalam Kerajaan-Mu. Dan, bantulah kami yang masih berziarah di bumi ini agar saling membantu dalam menghadapi segala tantangan hidup. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

Mohon Berkat Tuhan
P. Tuhan beserta kita
U. Sekarang dan selama-lamanya.
P. Berilah dia istirahat kekal.
U. Dan, sinarilah dia dengan cahaya abadi.
P. Semoga semua orang yang telah meninggal bersitirahat dalam damai Tuhan.
U. Amin.
P. Dan semoga kita semua, senantiasa diberkati oleh Allah Yang Maha Kuasa: Bapa, dan Putera, Dan Roh Kudus
U. Amin
P. Saudara sekalian, rangkaian upacara untuk kremasi saudara kita ini sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup

Sumber:
Yustinus Rumanto, SJ., "ANEKA IBADAT KRISTIANI", Penerbit Kanisius, 2013.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP