%">PS "GITA BAKTI HERKULANUS" berlatih tiap Minggu sore

Minggu, 27 Mei 2012

Ibadat Syukur Kehamilan 7 Bulan (Mitoni)

Print Friendly and PDF

Ibadat Syukur Kehamilan 7 Bulan (Mitoni)
Keluarga Basilius Satrio Megantoro dan Catarina Titi Partisani
Depok, 28 Nopember 2011

PEMBUKAAN

1. Lagu Pembukaan
PS 659 atau lagu lain

2. Tanda Salib dan Salam
† Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin.
P : Puji syukur kepada Allah! Semoga rahmatNya melimpah ke atas keluarga ini, dan atas kita semua yang berkumpul demi nama Tuhan.
U : Sekarang dan selama-lamanya.

3. Tema
Malam ini kita berkumpul untuk bersatu dalam Ibadat MITONI. Dalam masyarakat kita, Mitoni diartikan sebagai ucapan syukur atas usia kehamilan pertama yang memasuki usia ke tujuh bulan. Malam ini, Keluarga Bp/Ibu Basilius Satrio Megantoro dan Catarina Titi Partisani mengajak kita untuk berdoa bersama mensyukuri buah cinta yang dikaruniakan Tuhan dan mendoakan Ibu Catarina Titi Partisani agar selamat sampai melahirkan, dan supaya bayi dalam kandungannya sehat walafiat. Sekarang, pahala cinta kasih yang dibina keluarga ini dari hari ke hari telah diwujudkan Allah dalam diri seorang bayi yang akan semakin memadukan cinta kasih orang tuanya.
Marilah kita hening sejenak, mengarahkan hati ke hadapan Tuhan, supaya kita dapat melaksanakan ibadat ini dengan sepenuh hati.

4. Seruan Tobat
(hening sejenak)
P : Saya mengaku...
P+U : Kepada Allah Yang Maha Kuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada sudara sekalian, supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan kita. Amin

P : Tuhan Yesus Kristus
Kehadiran – Mu ditengah keluarga menampakkan Allah beserta kami dan Berkat rahmat melimpah
P : Tuhan kasihanilah kami
U : Tuhan kasihanilah kami

P : Tuhan Yesus Kristus
Kehadiran – Mu ditengah keluarga menampakkan Cinta Kasih, hiburan, dan tanggung jawab tiap-tiap anggota
P : Kristus kasihanilah kami
U : Kristus kasihanilah kami

P : Tuhan Yesus Kristus
Kehadiran – Mu ditengah keluarga menampakkan kedamaian dan kebahagiaan
P : Tuhan kasihanilah kami
U : Tuhan kasihanilah kami

5. Doa Pembukaan
P : Marilah kita berdoa. – Bapa yang maha pengasih dan penyayang, kami bersyukur kepada-Mu, karena Engkau berkenan mengikutsertakan Basilius Satrio Megantoro dan Catarina Titi Partisani dalam karya penciptaanMu. Makhluk baru sudah Kauciptakan dengan perantaraan mereka berdua. Maka kami mohon, dampingilah selalu suami istri ini, supaya dapat menjaga dan merawat ciptaanMu yang suci ini dengan baik, sampai kelak lahir dengan selamat, dan memberikan kegembiraan besar bagi kami semua. Demi Yesus Kristus PutraMu, Tuhan dan Pengantara kami, yang bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kani dan sepanjang masa.
U : Amin

IBADAT SABDA

6. Bacaan Pertama
L : Pembacaan dari kitab Kejadian, bab 21:1-7
Tuhan memperhatikan Sara seperti yang difirmankan-Nya, dan Tuhan melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya. Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya. Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya. Kemudian Abraham menyunat Ishak, anaknya itu, ketika berumur delapan hari, seperti yang diperintahkan Allah kepadanya. Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. Berkatalah Sara: “Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.” Lagi katanya: “Siapakah tadinya yang dapat mengatakan kepada Abraham: Sara menyusui anak? Namun aku telah melahirkan seorang anak laki-laki baginya pada masa tuanya.”
L : Demikianlah sabda Tuhan
U : Syukur kepada Allah

7. Lagu Pengantar Bacaan
PS 369 atau lagu lain

8. Bacaan Injil
P : Tuhan beserta kita
U : Sekarang dan selama-lamanya
P : Inilah Injil Tuhan kita Yesus Kristus menurut Santo Lukas (1:39-45)
U : Dimuliakanlah Tuhan
P : Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."
P : Demikianlah Injil Tuhan
U : Terpujilah Kristus

9. Renungan

10. Syahadat / Pengakuan Iman Rasuli
P : Saudara sekalian, kita percaya bahwa kandungan Saudara kita Catarina Titi Partisani ini adalah anugrah Allah sebagai balasan atas cinta kasih mereka. Semoga keyakinan ini membawa kita kepada sikap takwa sejati kepada Allah. Dan marilah sekarang kita saling meneguhkan iman dan mendoakan bersama-sama Syahadat Para Rasul.
U : Aku percaya ....

DOA

11. Doa Mohon Karunia Roh Kudus
P : Pertolongan kita pada nama Tuhan,
U : Yang menjadikan langit dan bumi.
P : Berharaplah hanya kepada Tuhan
U : Dengan penuh iman dan bakti
P : Marlah kita berdoa
Allah yang maha kuasa dan maha murah, Engkau telah menunjukkan kasih sayangMu kepada kami. Engkau mengangkat kami menjadi anak-anakMu berkat Roh PuteraMu, yakni Roh Kudus yang Kauutus tinggal di dalam hati kami. Karena Ia ada di dalam hati kami maka kami boleh memanggil Engkau ”Bapa”. Dengan penuh iman kami menyerahkan diri seutuhnya kepadaMu. Saudara kami Basilius Satrio Megantoro dan Catarina Titi Partisani ini pun menyerahkan seluruh hidup mereka kepada penyelenggaraanMu. Maka dari itu, sudilah menguatkan hati mereka, supaya sanggup menghadapi liku-liku hidup berkeluarga dengan tabah. Lebih-lebih pada saat ini, di kala mereka menantikan kedatangan anak yang pertama, sudilah Engkau selalu mendampingi mereka dengan rahmatMu, demi Kristus Yesus, Tuhan kami.
U : Amin

P : Ya Bapa, Santo Yohanes Pembaptis Kaupenuhi Roh Kudus sejak ia dikandung ibunya. Kamipun mohon, sudilah pula mencurahkan RohMu ke atas anak yang dikandung Saudara kami ini.
Datanglah, ya Roh Kebijaksanaan. Ajarlah hati kami agar dapat memahami, mencintai, dan mengutamakan ulah kerohanian. Tolonglah kami membina sikap takwa kepadaMu, agar kelak pantas menikmati bahagia di surga selama-lamanya.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Pengertian. Terangilah budi kami agar dapat mengerti dan menghayati amanatMu yang Kausampaikan lewat Gereja. Tolonglah kami mengamalkannya pula kepada sesama, agar di manapun juga Engkau dihormati dan dipuji, kini dan sepanjang masa.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Penasihat. Dampingilah tingkah laku kami setiap hari. Semoga hati kami selalu tertuju pada kebaikan. Bebaskanlah kami dari yang jahat, agar akhirnya selamat sampai ke pangkuan Bapa untuk berbahagia selamanya.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Kekuatan. Teguhkanlah hati kami, supaya tetap tabah bila menghadapi pencobaan. Lindungilah kami terhadap maksud jahat dan serangan musuh. Jagalah jangan sampai kami binasa karena terpisah daripadaMu, sebab hanya Engkaulah harapan hidup kami kini dan sepanjang masa.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Kesederhanaan. Tanamkanlah kesadaran dalam hati kami bahwa harta dunia ini akan musnah. Jauhkanlah kami dari nafsu memburu barang duniawi. Jangan Kau biarkan kami tenggelam dalam kemewahan, sampai melupakan Dikau, harta kami yang paling berharga di dunia kini dan di akhirat nanti.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Kesalehan. Penuhilah hati kami dengan semangat hormat bakti kepada Allah. Tolonglah supaya selama hidup di dunia ini kami selalu patuh kepadaNya, sehingga kelak diperkenankan bersukaria dalam kebahagiaan abadi.
U : Amin

P : Datanglah, ya Roh Ketulusan. Jauhkanlah kami dari tingkah laku munafik atau penuh tipu daya. Semoga kami selalu bersikap jujur, karena menyadari bahwa Engkau selalu ada di samping kami. Dengan demikian kami akan jauh dari tingkah laku yang tidak berkenan di hatiMu.
U : Amin
P : Datanglah, Roh Kudus, penuhilah hati umatMu.
U : Dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu.
P : Tuhan kabulkanlah doaku.
U : Dan seruanku sampailah di hadapanMu.
P : Marilah kita berdoa - Ya Allah kami mohon dengan rendah hati, utuslah Roh Kudus memenuhi hati kami supaya seluruh hidup kami selalu dijiwai dan digerakkan olehNya. Demi Kristus Pengantara kami.
U : Amin.

P : Ibu Maria, Elisabet yang sedang mengandung bersuka cita karena Kaukunjungi. Bahkan bayi yang ada dalam rahimnya melonjak kegirangan karena kedatanganmu yang membawa serta Tuhan Yesus. Saudara kami inipun senang dan ingin sekali dikunjungi. Maka penuhilah kerinduan hati mereka. Mohonlah kepada PuteraMu supaya Ia mengutus Roh Kudus yang dalam rahim Saudara kami ini. Supaya kelak menjadi anak yang saleh, yang tahu menjunjung tinggi nama orang tua dan patut dibanggakan oleh gereja dan negara.
U : Amin

12. Doa Mohon Berkat bagi Ibu yang Hamil
P : Saudara sekalian, kita akan mohon berkat bagi Saudara kita yang hamil ini. Pertama-tama kita akan mendoakan Mazmur 128. Sesudah setiap bait, kami mohon mengulangi refrein: Suami istri yang takwa akan diberkati.
P : Berbahagialah orang yang takwa, yang hidup sesuai bimbingan Tuhan. Engkau akan menikmati hasil jerih payahmu, hidupmu akan bahagia dan sejahtera.
U : Suami istri yang takwa akan diberkati.

P : Istrimu subur di dalam rumahmu, bagaikan pokok anggur. Anak-anakmu mengelilingi mejamu bagaikan tunas zaitun.
U : Suami istri yang takwa akan diberkati.

P : Semoga Tuhan memberkati engkau dari surga. Semoga engkau menikmati kemakmuran seumur hidup dan melihat anak cucumu turun temurun.
U : Suami istri yang takwa akan diberkati.

P : Ya Allah yang maha rahim, pencipta dan pelindung kami. Berkat daya ciptaMu, wanita menjadi sumber hidup baru. Pandanglah saudara kami yang sedang mengandung ini dan limpahkanlah berkatMu ke atasnya. Semoga ia tabah dan sabar. Semoga, kalau tiba saatnya nanti ia dapat bergembira karena melahirkan anak yang sehat, yang menjadi kebanggaan orang tua, dan sesudah dewasa pun tahu berbakti kepadaMu, Allah yang maha kuasa, Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.

13. Doa Bapa Kami
P : Marilah kita memuliakan namaNya dengan doa yang diajarkan Yesus, Sang Putera.
U : Bapa Kami yang di surga .....
P : Ya Bapa, dimuliakanlah namaMu karena karya agung yang telah Kau wujudkan di tengah keluarga saudara kami ini. Bantulah kami semua supaya selalu berusaha menjadikan keluarga kami masing-masing suatu pujian bagi namaMu. Sambil menantikan penyelamat kami Yesus Kristus.
U : Sebab Engkaulah raja yang berkuasa untuk selama-lamanya. Amin.

14. Doa Penutup
P : Ya Bapa yang maha baik, kami bersyukur kepadaMu atas sabda dan kurnia yang telah Kaunyatakan dalam kebaktian ini. Khususnya kepada Saudara Basilius Satrio Megantoro, Catarina Titi Partisani dan kandungannya. Tabahkanlah hati mereka selama menghadapi persalinan. Semoga semua berjalan lancar tanpa hambatan apapun karena Engkau selalu mendampingi mereka. Amin.

PENUTUP

15. Berkat Pengutusan
P : Saudara sekalian, ibadah kita sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.
P : Marilah kita mengarahkan hati kepada Allah dan mohon berkatNya.
Sudilah menguatkan, mendampingi dan memberkati saudara kami ini dan kami semua yang hadir di sini, ya Allah yang maha kuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U : Amin.

16. Lagu Penutup
PS 542 atau lagu lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP