Ada 3 kelompok Paduan Suara tingkat Paroki di Paroki St. Herkulanus, yaitu: (1) P.S. GITA BAKTI HERKULANUS yang berlatih rutin tiap minggu sore, (2) P.S. IUVENISH CHORUS yang beranggotakan para OMK Paroki Santo Herkulanus, (3) P.S. SERAFIM yang beranggotakan para Pengurus dan Karyawan Yayasan Yohanes Paulus Depok.

Jumat, 04 September 2015

Pengertian Serta Fungsi Misdinar

Print Friendly and PDF

Hello guys, mari kita membahas tentang "apa sih misdinar itu?" Sebagian besar masyarakat memang mengartikan Misdinar sebagai asistennya pastor/romo, tapi ternyata ada arti dan fungsi lain dari misdinar yang belum kita ketahui loh guys. Maka pada post kali ini admin akan memberitahukan arti dan pengertian tentang misdinar yang menjadi pelayan Altar itu. Baiklah guys, selamat membaca post pertama ini.

Kata "Misdinar" berasal dari bahasa Belanda yaitu misdienaar yang berarti Asisten Misa. Sesuai dengan namanya, tugas-tugas misdinar antara lain adalah membantu Imam dalam merayakan Ekaristi. Tetapi, misdinar juga berfungsi sebagai Pelayan Tuhan yang melayani pada saat misa maupun diluar misa (di lingkungan).

Sebagai pelayan Tuhan, misdinar juga diberi kebebasan untuk mengatur dirinya selama itu masih benar, jadi misdinar yang bisa diartikan sebagai "Tentara Allah" itu tidak seperti tentara biasa yang biasanya selalu tegang dan serius hanya saja pada saat bertugas kita tidak boleh bercanda.

Pelindung misdinar adalah St Tarsisius.Dan motto misdinar disini adalah:"Kita disini dipanggil untuk melayani bukan dilayani." Jadi, bagi para misdinar, jangan pernah merasa capek atau ngeluh yah kalau disuruh tugas terus, namanya aja melayani. Selain motto, misdinar juga memiliki pilar yang menjadi pedoman hidup misdinar yaitu: Sabda Tuhan, Doa dan Liturgi, Persaudaraan dan Pelayanan. Keempat pilar tersebut menjadi inti sehingga keempatnya harus dijalankan agar menjadikan kita misdinar-misdinar yang bermanfaat dan berkualitas guys.

Menjadi Misdinar tentu memiliki beberapa kelebihan diantaranya: Bisa memegang alat-alat liturgi yang tidak semua orang bisa memegang itu,bisa memakai jubah yang keren (tergantung penilaian diri masing-masing), bisa lebih dekat dengan imam (soalnya biasanya tempat duduk misdinar di depan), biasanya mendapat kesempatan pertama dalam menerima Tubuh Kristus, Tidak perlu repot mencari tempat duduk, dll.

Selain itu semua, menjadi misdinar juga sekalian nabung pahala lah guys, meskipun tidak selalu menjadi misdinar menyenangkan, tetapi bagaimanapun juga kalau ada teman apalagi teman seiman segalanya menjadi lebih nyaman gimana... gitu....? Menjadi Putra Altar bukan karena kebetulan loh guys, dan tidak dapat dipaksakan meskipun oleh guru,orang tua, suster, bahkan pastor sekalipun. Menjadi menjadi misdinar merupakan suatu panggilan untuk ikut serta dalam tugas pelayanan di altar, yang mewakili umat Allah bersama-sama mengenang perjamuan Tuhan yang dihadirkan kembali dalam perayaan Ekaristi.

Menjadi misdinar memang suatu pekerjaan yang mulia,tapi tidak boleh dipaksakan,harus dari hati. Baiklah guys, sekian dulu post admin hari ini, semoga kita dapat melayani Tuhan dengan sepenuh hati setelah mengerti arti misdinar sesungguhnya. Sekian dulu yah guys, sekian dan Tuhan memberkati!!!

http://misdinarredemptormundi.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-serta-fungsi-misdinar.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP