Ada 3 kelompok Paduan Suara tingkat Paroki di Paroki St. Herkulanus, yaitu: (1) P.S. GITA BAKTI HERKULANUS yang berlatih rutin tiap minggu sore, (2) P.S. IUVENISH CHORUS yang beranggotakan para OMK Paroki Santo Herkulanus, (3) P.S. SERAFIM yang beranggotakan para Pengurus dan Karyawan Yayasan Yohanes Paulus Depok.

Kamis, 04 November 2010

Putra Altar atau Misdinar Santo Herkulanus

Print Friendly and PDF

Putra altar atau misdinar (yang berarti 'asisten misa' dari Bahasa Belanda misdienaar) adalah mereka yang membantu Imam saat mengadakan Perayaan Ekaristi. Pada awal mulanya seorang Putra Altar adalah sebuah tingkatan pastoral sebelum menjadi imam. Umumnya, misdinar itu laki-laki. Akan tetapi Putra Altar akan disebut "Misdinar" bila keputusan gereja untuk memperbolehkan perempuan sebagai Putera Altar. Bila tidak boleh maka dalam gereja tersebut akan dipanggil "Putri Altar" yang bertugas dalam bacaan-bacaan. Bila diperbolehkan, maka kaum hawa dapat bertugas di altar layaknya Putra Altar Sehingga Mereka Disebut Misdinar. Tugas misdinar antara lain membantu Imam, mengantar persembahan, dan menjadi panutan umat. Setiap Misdinar baru akan datang Pertahunnya tentu saja melalui seleksi dan latihan / Training dari senior angkatan sebelumnya. Misdinar juga bertujuan selain membantu dalam perayaan ekaristi juga untuk memperkuat iman pribadi dalam kegiatan-kegiatan pengembangan pribadi seperti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Retret, Out Bond, dan tidak Lupa Wisata Rohani. Tentu saja organisasi Misdinar tidak kalah maju dan pentingnya bagi anak anda dalam pengembangan iman katholik.

Prasyarat untuk menjadi misdinar:
* Beragama Katolik
* Sudah menerima Komuni Pertama
* Maximum usia 21 tahun
* Tidak ada unsur paksaan
* Rajin dan Setia dalam bertugas
* Mengetahui prosedur Perayaan Ekaristi
* Mengetahui peralatan Ekaristi (antara lain lilin, sibori, kaliks/piala, turibulum/pendupaan, vandel,ampul dan lain-lain)

Beberapa foto-foto kegiatan misdinar Santo Herkulanus dapat dilihat di bawah ini.






































Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP