Selasa, 18 Juli 2017

Caeremoniarius dalam Liturgi Katolik

Print Friendly and PDF

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia
Berikut ini beberapa informasi singkat mengenai caeremoniarius dalam Liturgi Gereja Katolik.

Siapa itu caeremoniarius dan bagaimanakah peranannya dalam Liturgi Gereja kita?

Berikut ini beberapa kutipan dari dokumen liturgi dan artikel mengenai seremoniarius atau pemandu ibadat/perayaan liturgi.

“Terutama untuk gereja-gereja katedral atau gereja-gereja yang besar dianjurkan agar ditunjuk seorang pelayan yang mumpuni atau seorang caeremoniarius (pemandu ibadat) untuk mempersiapkan perayaan liturgi dengan baik, membagikan tugas kepada masing-masing pelayan, dan mengatur pelaksanaan perayaan, sehingga berlangsung dengan indah, rapi, dan khidmat.” (Pedoman Umum Misale Romawi no. 106).

“Suatu perayaan liturgi, khususnya yang dipimpin oleh uskup, agar dapat me-mancarkan keindahan, kesederhanaan dan keteraturannya, membutuhkan seorang magister caeremoniarum untuk menyiapkan dan memimpinnya dalam kerjasama erat dengan uskup dan pihak-pihak lain…” (Caeremoniale Episcoporum [Ceremonial of Bishops] no. 34).

Dari dua kutipan ini nampak bahwa seremoniarius memainkan peranan penting baik pada waktu menyiapkan maupun pada saat pelaksanaan perayaan liturgi, khususnya yang dipimpin oleh Uskup, seperti Misa Tahbisan Diakon/Imam, Misa Krisma, Misa Paskah, Misa Natal, dan Misa-Misa meriah lainnya yang dipimpin oleh Uskup.

Namun, sayangnya fungsi dan peranan seremoniarius dalam perayaan-perayaan liturgi Gereja Katolik di keuskupan-keuskupan di Indonesia nampaknya belum begitu dikenal. Kata “caeremoniarius” itu sendiri mungkin masih terdengar asing di telinga banyak umat Katolik Indonesia.

Sumber: http://www.mirifica.net/2014/06/12/lokakarya-nasional-caeremoniarius-komisi-liturgi-kwi/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP