Rabu, 12 Maret 2014

Teknik Berlatih Paduan Suara Part.1

Print Friendly and PDF

Halo kawan, saya ingin berbagi untuk kawan-kawan semua agar memiliki pengetahuan yang cukup berarti dalam paduan suara. Untuk menjadi anggota paduan suara yang hebat, tentunya diperlukan sedikit pengetahuan mengenai materi-materi paduan suara. Nah untuk lebih jelasnya, lihat tips dan trik yang ada di bawah yaw.. semoga ini dapat membantu kawan-kawan semua untuk tetap semangat memuji dan memuliakan Tuhan dengan cara bernyanyi.. GBU.

Sebelum kita membahas apa itu paduan suara dan semua yang terkait, kita akan memulainya dari pengertian dasar, salah satu diantaranya adalah mengenai teknik vocal. Teknik vocal, sebenarnya merupakan dasar yang paling dasar, yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Biasanya, orang hanya sekedar berkumpul, sedikit pemanasan, lalu langsung menyanyi. Kadang kala ada yang menganggap, bahwa dalam paduan suara yang terpenting adalah “power”. Padahal, jika suatu lagu dinyanyikan dengan teknik, maka kita secara tidak langsung dapat menjiwai apa maksud lagu itu, sehingga orang yang mendengarkannya pun dapat pula merasakan apa yang menjadi maksud dari lagu yang tengah dinyanyikan tersebut. Jika hal itu telah dipenuhi, maka saya yakin, baik yang menyanyikan maupun yang mendengarkan, akan lebih paham, lebih mendalami secara lebih dalam dan lebih dekat sehingga pesan yang ada dalam lagu tersebut dapat disampaikan dengan sempurna.

TEKNIK VOKAL

Teknik vokal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar akan terdengar lebih jelas, lebih indah, lebih merdu, dan tentunya akan lebih nyaring.

UNSUR-UNSUR TEKNIK VOKAL

1. Artikulasi
Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.

2. Pernafasan
Pengertian pernafasan terkait dengan teknik vokal adalah usaha untuk menghirup udara sekuat-kuatnya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit - demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan ini dibagi menjadi 3 tipe, yaitu:
a. Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
b. Pernafasan Perut: cocok digunakan dalam menyanyi, namun tidak sekuat pernafasan diafragma.
c. Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, dan juga memiliki power dan stabilitas vokal yang paling baik.

3. Phrasering
Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

4. Sikap Badan
Sikap badan dalam teknik vokal adalah posisi badan ketika seseorang sedang menyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang paling penting adalah tidak mengganggu jalannya saluran pernapasan. Namun sikap badan yang paling tepat saat menyanyi adalah berdiri tegak, tidak bungkuk dan tidak terlalu condong ke belakang (berdiri tegap).

5. Resonansi
Resonansi adalah usaha untuk memperindah suara dengan memfungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/bergetar di sekitar mulut dan tenggorokan.

6. Vibrato
Vibrato adalah usaha untuk memperindah lagu dengan cara memberi gelombang / suara yang bergetar teratur. (Tidak boleh digunakan saat bernyanyi paduan)

7. Improvisasi
Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah / menambah sebagian melodi lagu dengan professional, tanpa merubah melodi pokok (Tidak boleh digunakan saat bernyanyi paduan).

8. Intonasi
Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. Syarat terbentuknya intonasi yang baik adalah pendengaran yang baik, control pernapasan gak boros dan “rasa musikal”.. hehehehe..

Bagi yang masih belum kenal apa itu nada, di sini saya juga post.kan sekalian nih.. wkwkwk

NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.

NADA MEMILIKI 4 SIFAT YANG KHAS, YAITU:
1. FITCH : yaitu ketepatan jangkauan nada.
2. DURASI : yaitu lamanya sebuah nada dibunyikan.
3. INTENSITAS : yaitu keras – lembutnya nada yang dibunyikan
4. TIMBRE : yaitu warna suara yang tiap orang berbeda.

AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang. Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.

CRESENDO adalah suara dari pelan berangsur-angsur keras.
DECRESENDO adalah suara dari keras berangsur-angsur pelan. (kebalikannya Cresendo nih.. )
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.

TIPE SUARA MANUSIA ADA 3, YAITU:

1. Suara Wanita Dewasa
Sopran (suara tinggi wanita)
Messo Sopran (suara sedang wanita)
Alto (suara rendah wanita)

2. Suara Pria Dewasa
Tenor (suara tinggi pria)
Bariton (suara sedang pria)
Bas (suara rendah pria)

3. Suara Anak-anak
Tinggi
Rendah

Nah.. untuk part 1 saya rasa cukup di sini yah.. nanti saya akan posting lagi yang part 2 mengenai paduan suara.. tunggu yaw.. thing thing.. GBU..

Sumber :
http://sonora-ecclesia.blogspot.com/2010/10/teknik-berlatih-paduan-suara-part1.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP