Ada 3 kelompok Paduan Suara tingkat Paroki di Paroki St. Herkulanus, yaitu: (1) P.S. GITA BAKTI HERKULANUS yang berlatih rutin tiap minggu sore, (2) P.S. IUVENISH CHORUS yang beranggotakan para OMK Paroki Santo Herkulanus, (3) P.S. SERAFIM yang beranggotakan para Pengurus dan Karyawan Yayasan Yohanes Paulus Depok.

Minggu, 24 November 2013

GITA BAKTI HERKULANUS : Menyanyi Untuk Berbakti Kepada Tuhan

Print Friendly and PDF

Oleh : Ign. Djoko Irianto

Dalam tradisi Perjanjian Lama ada kebiasaan tentang pembagian tugas atau pembentukan kelompok tugas dalam kegiatan di rumah Tuhan (Bait suci). Suku Lewi dipercaya dan ditetapkan sebagai petugas di rumah Tuhan. Kedudukan ini menimbulkan kesadaran bagi orang-orang Lewi untuk mengatur pembagian tugas supaya ibadat dapat berjalan lancar dan menyentuh. Salah satu kelompok yang dibentuk dan terlibat dalam ibadat adalah kelompok musik dan nyanyian (I Tawarikh 6:31- 32; I Tawarikh 23: 5; 25: 1- 8). Secara bertahap, kelompok musik dan nyanyian ini menata diri agar tidak menjadi kelompok yang ala kadarnya, tetapi menjadi kelompok yang memang amat serius dalam menjalankan tugasnya dalam setiap ibadat (I Tawarikh 25: 7).

Puji-pujian yang disampaikan oleh kelompok musik dan nyanyian ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ibadat. Bahkan mereka menempati kedudukan khusus dalam ibadat [I Tawarikh 6: 31; II Tawarikh 5: 11- 13]. Sekalipun tidak secara eksplisit menyebut jenis nyanyian dan cara menyanyikan, tetapi tersirat pemahaman bahwa puji-pujian ataupun nyanyian dalam ibadat harus dipersiapkan dengan baik, bukan hanya masalah teknik vokal maupun penampilan, tetapi juga suasana hati para pemujinya. Sehingga puji-pujian yang disampaikan itu benar-benar adalah ekspresi iman, bukan sekedar keindahan suara (Amos 5: 23).

Paroki Santo Herkulanus melalui koordinator seksi liturgi DPP telah melahirkan kelompok nyanyian untuk ibadat yang diberi nama “PS. Gita Bakti Herkulanus”. Gita Bakti Herkulanus mengandung makna “bernyanyi untuk berbakti kepada Tuhan dalam lindungan Santo Herkulanus”. Visi kelompok nyanyian ini adalah untuk mewujudkan pelayanan di bidang peribadatan, dengan lagu-lagu liturgis, serta memeriahkan suasana pertemuan gerejani dengan mengemban nama baik gereja paroki St. Herkulanus Depok.

Puji Tuhan, PS. Gita Bakti Herkulanus telah diresmikan dan diberkati oleh Pastor Paroki RD. Y. Dwi Karyanto pada hari Minggu malam tanggal 18 Agustus 2013. Dalam usianya yang relatif sangat muda, kurang lebih 3 bulan, PS. Gita Bakti Herkulanus telah beberapa kali bertugas melayani dalam Perayaan Ekaristi di Paroki sendiri yaitu Paroki St. Herkulanus, dan pada hari ini tanggal 24 November 2013 pada Perayaan Ekaristi Hari Raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam, PS Gita Bakti Herkulanus bertugas mengiringi nyanyian. Berikutnya, direncanakan pada Minggu Adven kedua, untuk pertama kalinya PS Gita Bakti Herkulanus akan bertugas melayani di luar Paroki sendiri. PS Gita Bakti Herkulanus akan bertugas dalam Perayaan Ekaristi di Paroki St. Paulus Depok pada tanggal 8 Desember 2013 pada Misa kedua yaitu pkl. 08.00.

Sesuai dengan visi dan misi yang diemban, PS. Gita Bakti Herkulanus senantiasa mendukung kegiatan liturgi di Paroki dan bekerja sama dengan kelompok-kelompok nyanyian dari paroki-paroki tetangga. Program kegiatan terdekat, selain latihan koor setiap minggu malam, berdasarkan undangan dari Sie Liturgi Paroki St. Matheus Depok II Tengah, pada tanggal 19 Januari 2014 PS. Gita Bakti Herkulanus akan menyanyi di Paroki St. Matheus. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh kelompok nyanyian atau kelompok Paduan Suara Paroki se Dekenat Utara, Keuskupan Bogor. PS. Gita Bakti Herkulanus juga telah terjadwal bersama Panitia Pembangunan Sarana dan Prasarana Gereja (PPG) St. Herkulanus untuk bertugas di Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari, Bogor pada tanggal 9 Februari 2014.

Sebagai kelompok Paduan Suara Paroki, keanggotaan PS Gita Bakti Herkulanus meliputi keempat wilayah yang ada di Paroki St. Herkulanus. Hingga hari ini tercatat 43 anggota PS Gita Bakti Herkulanus. Bagi bapak/ibu umat Paroki St. Herkulanus yang berminat bisa bergabung dalam latihan koor PS Gita Bakti Herkulanus yang diselenggarakan setiap minggu malam usai Misa.

Mohon doa dari seluruh umat Paroki St. Herkulanus agar tugas-tugas pelayanan PS. Gita Bakti Herkulanus dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Semoga para anggota PS Gita Bakti Herkulanus dianugerahi ketekunan, kedisiplinan, dan kerendahan hati; agar mampu setia pada komitmennya, bernyanyi untuk memuji Tuhan, dalam gereja dan masyarakat.

Tuhan memberkati kita semua.

*) Penulis adalah Ketua PS. Gita Bakti Herkulanus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP