Ada 3 kelompok Paduan Suara tingkat Paroki di Paroki St. Herkulanus, yaitu: (1) P.S. GITA BAKTI HERKULANUS yang berlatih rutin tiap minggu sore, (2) P.S. IUVENISH CHORUS yang beranggotakan para OMK Paroki Santo Herkulanus, (3) P.S. SERAFIM yang beranggotakan para Pengurus dan Karyawan Yayasan Yohanes Paulus Depok.

Minggu, 01 Juli 2012

Kursus Evangelisasi Pribadi Angkatan Kedua Segera Dimulai

Print Friendly and PDF

Kata ”evangelisasi” berasal dari sejarah kuno; melalui kejadian di mana seorang budak dipilih untuk membawa kabar gembira kepada raja mengenai kemenangan dalam suatu peperangan. Pembawa kabar baik ini kemudian dianugerahi kebebasan menjadi orang “merdeka”. Maka ia membawa kabar baik itu dengan berlari kencang sambil menari-nari dengan gembira, karena tugas itu sekaligus membawa kebebasan bagi dirinya. Kita telah dibebaskan dari perbudakan dosa, maka sudah layak dan sepantasnya, kita wartakan kabar suka cita ini.

Kenyataan inilah yang dirumuskan dalam istilah ‘evangelisasi’. Evangelisasi adalah pewartaan Kabar Baik, bahwa dalam Yesus Kristus, Putra Allah yang menjelma menjadi manusia, “keselamatan” ditawarkan kepada segenap umat manusia. Ini merupakan anugerah yang berupa rahmat dan belas kasih Allah. Imbauan Apostolik Paus Paulus VI, Evangelii Nuntiandi 18, merumuskan Evangelisasi sebagai: membawa Kabar Baik kepada segala tingkat kemanusiaan, dan melalui pengaruh Injil merubah umat manusia dari dalam dan membuatnya menjadi baru: “Lihatlah Aku menjadikan segala sesuatu baru” (Why 21:5, 2 Kor 5:17, Gal 6:15).

Secara jelas, para Bapa Gereja seluruh dunia, melalui konsili Vatikan II tahun 1965, mengharapkan suatu gairah baru dalam pewartaan Injil baik dalam kalangan umat Katolik maupun dalam masyarakat yang lebih luas. Saat ini telah banyak tumbuh kegiatan evangelisasi yang dilakukan oleh umat/awam bersama gembala umat. Hal ini merupakan suatu kemajuan yang tentu patut kita syukuri. Hasil Evangelisasi dapat dilihat antara lain terjadinya perubahan dan perkembangan rohani yang terus menerus baik pada perorangan maupun komunitas-komunitas umat beriman.

Tantangan kita selanjutnya adalah “Bagaimana menambah dan menguatkan komitmen spiritualitas kita untuk senantiasa mewartakan Injil kepada semua orang?”. Perintah mewartakan Injil adalah perintah Tuhan Yesus kepada kita semua, seperti yang tertulis dalam Injil Matius 28 : 18-20 = “………. kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di Sorga dan di Bumi, karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarilah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Oleh Sabda Tuhan Yesus tersebut kita semua disadarkan akan tugas dan tanggung jawab kita selaku umat beriman, yaitu untuk senantiasa mewartakan Injil kepada semua orang. Untuk memikirkan, mendoakan dan merumuskan tugas pewartaan Injil oleh seluruh umat Katolik, para Uskup seluruh dunia telah mengadakan Sinode. Hasil sinode ini diumumkan oleh Bapa Suci Paus Paulus VI melalui surat himbauan Apostolik tentang “Karya Pewartaan Injil dalam Jaman Modern (Evangelii Nuntiandi)” pada tanggal 8 Desember 1975. Himbauan Apostolik tersebut terwujud dalam Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) di Paroki-Paroki seluruh Keuskupan di Indonesia.

Menanggapi himbauan apostolik Bapa Suci Paus Paulus VI, Paroki St. Herkulanus Depok dengan penuh semangat telah mulai menyelenggarakan Kursus Evangelisasi Pribadi. Kursus Evangelisasi Pribadi angkatan pertama telah berhasil mengutus 42 orang menjadi pewarta injil di Paroki St. Herkulanus. Atas doa kita semua semoga Kursus Evangelisasi Pribadi angkatan kedua ini berhasil pula melahirkan utusan-utusan baru yang lebih banyak lagi.

Oleh : Ign. Djoko Irianto

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP